Kolaborasi Jadi Prioritas Implemnetasi RAD P3AKS Jawa Timur

Surabaya – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan rapat kordinasi untuk pelaporan perkembangan implementasi Rancangan Aksi Daerah (RAD) Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (P3AKS) di Jawa Timur, Selasa (5 Desember 2023).

Kegiatan dihadiri oleh Instansi Pemerintah dan masyarakat sipil yang menjadi anggota Kelompok Kerja P3AKS di Jawa Timur. Seperti The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Untuk Keadilan dan Demokrasi, Savy Amira, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Timur, Badan Kordiansi Organsiasi Wanita (BKOW) Jawa Timur dan lain sebagainya. Selain itu, kegaitan juga dihadiri oleh perwakilan kampus seperti Pusat Study HAM (PUSHAM) Universitas Surabaya dan Pusat Study Gender (PSG) UIN Sunan Ampel Surabaya.

Saat ini, AMAN Indonesia sebagai bagian dari POKJA P3AKS di Jawa Timur dalam kesempatan tersebut memberikan laporan kegiatan AMAN di Jawa Timur selama 1 tahun terakhir. Selama tahun 2023, AMAN Indonesia telah memperkuat Implementasi RAD P3AKS dengan menerbitkan buku saku RAD P3AKS Jawa Timur. Buku saku ini disusun untuk memberikan informasi yang lengkap dan mudah dipahami tentang RAD P3AKS, khususnya bagi para pemangku kepentingan di Jawa Timur.

Selain itu, AMAN Indonesia juga mengembangkan Reflective Structure Dialogue (RSD) sebagai bagian dari pendekatan dalam Resolusi Konflik. RSD merupakan pendekatan yang melibatkan para pihak yang terlibat dalam konflik untuk bersama-sama mencari solusi yang adil dan berkelanjutan. AMAN Indonesia bersama dengan Peace Leade Indonesia (PL) juga mendorong keterlibatan anak muda dalam pembangunan perdamaian. Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan, diskusi, dan kampanye.

Pendampingan Sekolah Perempuan Perdamaian

Di level akar rumput, AMAN Indonesia secara konsisten mendampingi kelompok perempuan, Sekolah Perempuan Perdamaian (SPP) untuk menjadi penggerak perdamaian di level akar rumput. SPP merupakan kelompok perempuan yang dibentuk untuk meningkatkan kapasitas perempuan dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk konflik sosial.

Kolaborasi Para Pihak

Menurut Koordinator Jawa Timur AMAN Indonesia, Yeni Lutfiana, dalam forum rakor tersebut, anggota POKJA menyepakati ke depan akan meningkatkan kualitas implementasi RAD P3AKS di Jawa Timur. Salah satu caranya dengan meningkatkan kolaborasi para pihak baik institusi pemerintah dengan masyarakat sipil atau dengan Lembaga lainnya. Gagasan ini disepakati bersama sebagai bentuk perwujudan ownership para pihak terhadap RAD P3AKS dan diharapkan benar-benar mampu meningkatkan keterlibatan dan perlindungan perempuan dan anak dalam Konflik Sosial,” terangnya.

AMAN Indonesia siap mendukung upaya peningkatan kualitas implementasi RAD P3AKS di Jawa Timur. ”AMAN Indonesia berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam upaya melindungi perempuan dan anak dalam situasi konflik sosial di Jawa Timur,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.