Mewujudkan Desa Damai Berkeadilan, AMAN Indonesia Kolaborasi dengan Dinas PPPAKB Kabupaten Jember

Jember, – The Asian Muslim Action Network (AMAN Indonesia) telah menjalin perjanjian strategis dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPAKB) Kabupaten Jember dalam upaya implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) di dua desa di Kabupaten Jember, Senin (24 Juli 2023).

Perjanjian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam proses pembangunan desa dan menggali potensi-potensi yang dapat dikembangkan untuk mencapai desa yang sejahtera dan adil. Salah satu poin penting dalam perjanjian ini adalah membangun kerjasama erat dan merencanakan bersama guna mewujudkan desa yang damai dan berkeadilan.

Koordinator AMAN Indonesia Wilayah Jawa Timur, Yeni Lutfiana, menjelaskan bahwa perjanjian ini merupakan langkah nyata dalam implementasi Rancangan Aksi Nasional Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (RAN P3AKS). Dalam waktu dekat, rencananya akan diadakan workshop bersama antara Pemerintah Kabupaten Jember dan AMAN Indonesia untuk merinci rencana kerja yang akan dilaksanakan.

Pilot project dari agenda kolaboratif ini akan difokuskan pada dua desa, yaitu Puger Kulon dan Wringin Telu, yang terletak di Kecamatan Puger. Pemilihan desa-desa ini didasarkan pada pertimbangan luasnya wilayah Kabupaten Jember, yang membuat jarak antar desa cukup jauh. Oleh karena itu, diputuskan untuk memulai perjanjian ini dengan fokus pada dua desa tersebut, sebagai langkah awal yang berpotensi memberikan dampak positif di wilayah tersebut.

Dengan adanya perjanjian ini, diharapkan bahwa kolaborasi antara AMAN Indonesia dan Dinas PPPAKB Kabupaten Jember akan memberikan dorongan signifikan dalam mengarahkan pembangunan desa menuju ke arah yang lebih inklusif dan berkeadilan, serta mewujudkan lingkungan yang damai bagi seluruh warganya.

Saat ini, diungkap olehnya, Pemerintah Kabupaten Jember sudah memiliki tiga desa yang menjadi pilot project untuk Desa Ramah Perempuan dan Perlindungan Anak (DRPPA). Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menjelaskan, ke depan Sekolah Perempuan (SP) Puger Kreatif akan dilibatkan dalam implentasi dari penjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jember.

”Diharapkan SP akan mampu mendorong pemerintah kabupaten itu punya goal tertentu di tahun tertentu. Serta ditopang oleh teman-teman yang bekerja bersama-sama,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.