FGD Finalisasi Desain Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Pondok Bambu

AMAN Indonesia bekerjasama dengan Sudin PPAPP Jakarta Timur menggelar  Focus Group Discussion Finalisasi Desain Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Jakarta Timur, Rabu (29 Juni 2022). FGD ini merupakan tindak lanjut dari workshop sebelumnya pada 6 Juni lalu.

”FGD ini untuk membahas dan memberi masukan atas draft usulan KRPPA yang telah disusun oleh tim AMAN Indonesia berdasarkan hasil Workshop Mendesain KRPPA yang turut mengundang perwakilan stakeholder di wilayah Pondok Bambu, belum lama ini,” ungkap Siti Hanifah, Program Manager AMAN Indonesia.

Menurutnya, dari FDG tersebut menghasilkan 3 hal yang menjadi fokus utama. Pertama, kebijakan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di tingkat nasional, provinsi, kota hingga kelurahan. Kedua, hasil temuan assesment kerentanan dan kapasitas masyarakat Pondok Bambu. ”Terakhir, desain KRPPA meliputi nilai dan prinsip, elemen penting KRPPA, tugas dan fungsi Satgas KRPPA, rencana 3 pilar program, serta skema kerjasama multi aktor,” terangnya.

Peserta terdiri dari perwakilan dari Kelurahan Pondok Bambu, Sudin PPAPP, Satpel PPAPP Kecamatan Duren Sawit, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jakarta Timur,  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pondok Bambu, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Pondok Bambu, Sekolah Perempuan Perdamaian Pondok Bambu, dan Satpol PP.

Diskusi berjalan sangat aktif dan partisipatif.  Hasil tersebut akan segera diusulkan kepada pihak kelurahan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.