Forum Perempuan Untuk Pelaksanaan SDGs Desa

AMAN Indonesia bekerjasama dengan dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak kabupaten Wonosobo dan Temanggung menginisiasi Forum Perempuan untuk pelaksanaan tujuan pembangunan Berkelanjutan di Desa (SDGs). Ada tiga tiga tujuan pembangunan yang menjadi konsen forum perempuan tersebut, yaitu tujuan Nomor 4 Pendidikan berkualitas bagi perempuan, Nomor 5 Partisipasi penuh Perempuan dalam pembangunan desa, dan tujuan nomor 16 desa damai dan berkadilan bagi perempuan.

Forum perempuan di Wonosobo dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2022 dengan dihadiri 45 peserta dari sepuluh kecamatan yang nantinya akan menjadi pioner dalam mengkonsolidasikan pelaksanaan SDGs Desa. Sedangkan Forum Perempuan di Temanggung dilaksanakan pada 10 Maret2022 dengan dihadiri 40 peserta dari 12 kecamatan.

Forum Perempuan merupakan upaya untuk menggali isu-isu prioritas perempuan dan potensi di tingkat desa untuk mewujudkan desa yang kuat, mandiri, damai dan berkelanjutan. Selain itu forum tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kepemimpinan perempuan dalam rangka memperkuat ketahanan komunitas/masyarakat dalam menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak serta menangkal keterlibatan perempuan dari radikalisme dan terorisme.

Forum perempuan akan menjadi agenda tahunan ditingkat kabupaten karena akan ada kontak kerjasama dengan pemerintah kabupaten Wonosobo dan Temanggung sehingga ke depan akan melibatkan lebih banyak lagi kelompok perempuan dan kelompok rentan lainnya agar isu-isu potensial dapat dikolaborasikan dengan baik. [Maskur]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.