Gelar IWD, Sekolah Perempuan Perdamaian Bintang 9 Gelar Nobar

Sampang – Sebanyak 40 orang perempuan mengelar nonton bareng (Nobar) ‘Talk Show She Builds Peace Indonesia’, Minggu (12 Maret 2023). Kegiatan tersebut digelar untuk memperingati International Women Days (IWD) sekaligus merayakan 16 tahun AMAN Indonesia. Nobar tersebut mengangkat pengalaman Aminatur Rizkiyah sebagai fasilitator Sekolah Perempuan Perdamaian (SPP) Bintang 9, Sampang.

Tercatat, pada tahun ini SPP Bintang 9 Sampang sudah berusia 5 tahun sebagai gerakan AMAN Indonesia. Sehingga, masing-masing simpul AMAN Indonesia menggelar berbagai kegiatan. Agenda peringatan ini sudah dilaksanakan di kota lainnya. Mulai dari Tasikmalaya, Poso, Jember, Malang dan lainnya.

Hal yang menjadi unik dalam agenda ini, pagelaran nobar menggunakan pendekatan Reflective, Structured, dan Dialogue. Yakni dengan cara berpikir, menulis dan berbicara. Selain dari anggota SPP Bintang 9, agenda ini juga diikuti oleh IPPNU, KOPRI, PEKKA Camplong, Insan Pers, FKKS Camplong, KATAR Camplong, DPK KNPI Camplong, dan TP PKK Kecamatan Camplong.

Perempuan yang akrab disapa Rizqi itu, agenda bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antar komunitas dan organisasi sebagai support system. Sehingga saling menguatkan dalam gerakan responsif gender yang rahmatal lilalamin.

“Kami berharap, semoga dihari perempuan internasional ini, semakin banyak harapan untuk kebersamaan penuh kedamaian,” tuturnya.

Sementara, Perwakilan TP PKK Kecamatan Camplong, Fifin mengaku apresiasi adanya acara memperingati IWD. Sebab, kata dia, perempuan harus merdeka menurut versinya sendiri, sehingga perempuan tidak mudah didiskriminasi, serta kuat dalam mengarungi hidup.

“Perempuan punya hak untuk merdeka, berbicara dan berprestasi,” katanya.

Dia menegaskan, IWD sebagai bentuk refleksi dari keberadaan dan perjuangan perempuan di dunia. “Kami ingin ibu-ibu tidak hanya berada di dapur dan kasur, artinya juga berhak untuk berprestasi, baik pendidikan, sosial dan ekonomi. Artinya ada kesetaraan dengan tidak mencederai nilai-nilai agama,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.