GA4P Gelar Girls Camp dan Rekrutmen Anggota Baru

Lamongan – Girls Ambassador For Peace (GA4P) Lamongan menggelar girls camp dan rekrutmen anggota baru dengan tema ”Kepemimpinan Perempuan Muda dalam Gerakan Perdamaian di Lamongan, Sabtu dan Minggu (29-30 Juli 2023). Agenda yang didukung oleh The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia diikuti oleh 13 orang peserta dan fasilitasi oleh Neny Agustina Adamuka, program asisten AMAN Indonesia. Sedangkan agenda diisi oleh Umuronah berasal dari Dinas PPPA, Elza Amelia Firdaus berasal dari GA4P 2018Anis Su’adah sebagai Aliansi Perempuan Lamongan, Yeni Lutfiana sebagai Koordinator Jawa Timur AMAN Indonesia.

Menurut Salah satu Presidium GA4P, Ilmiyah, terdapat dua tujuan digelarnya agenda tersebut. “Pertama, untuk menyediakan kesempatan dan ruang peningkatan kapasitas perempuan muda, ruang support sesama perempuan (sisterhood). Kedua, menguatkan pondasi gerakan perempuan muda untuk menyuarakan keadilan gender, perdamaian dan pencegahan ekstremisme di Lamongan” ungkapnya, Senin (31 Juli 2023).

Selama dua hari agenda, peserta mendapatkan materi terkait gender equality, girls and young women leadership, preventing violent extremism, women healthcare, women conflict and  international instrument on youth peace and security, membangun gerakan dan pemetaan kekuatan.

Setelah agenda, lanjutnya, para peserta bersedia berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program GA4P (Gerakan Ayo Menulis) dan mengembangkan program-program sesuai dengan kebutuhan wilayah mereka. Contohnya, terdapat kebutuhan akan pemahaman tentang pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak (parenting) dan menjaga kedamaian dalam keluarga.

”Selain itu, mereka juga ingin mengatasi masalah pergaulan bebas yang banyak terjadi di kalangan anak muda, yang seringkali berpotensi menyebabkan konflik dan bahkan kekerasan. Dengan semangat ini, mereka berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan penuh perdamaian,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.