Sekolah Perempuan Srikandi Handayani Gelar Nonton Bareng

Sekolah Perempuan Srikandi Handayani mengadakan acara nonton bareng video talkshow She Builds Peace di Desa Pengkok pada Kamis (16 Maret 2023) untuk memperingati International Women Days (IWD) 2023 dan Ulang Tahun The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia. Sebanyak 45 ibu-ibu muda dari Desa Pengkok hadir dalam acara tersebut yang juga dihadiri oleh Ketua Penggerak PKK Desa Pengkok, Maryati, Perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Patuk, Adel, dan Dukuh Dusun Nembes, Agus Priyadi.

Sekolah Perempuan Srikandi Handayani diperkenalkan pada akhir 2015 dan didukung oleh forum anak Desa Pengkok. Ketua Sekolah Perempuan Srikandi Handayani, Wiwik Hikmawati Wulandari, berharap agar ibu-ibu yang mendengarkan acara nonton bareng tersebut tertarik untuk bergabung ke dalam Sekolah Perempuan. ” Serta dapat belajar di sekolah perempuan serta untuk memperkuat gerakan sekolah perempuan,” terangnya.

AMAN Indonesia merupakan organisasi yang didirikan pada tahun 2007 dan berfokus pada penguatan perempuan dan pembangunan perdamaian. Pada tahun 2017, AMAN Indonesia menetapkan diri sebagai sebuah gerakan Islam progresif yang ramah pada perempuan, pembelaan pada minoritas, dan menjadi rumah perjumpaan bagi berbagai suara-suara progresif. Saat ini, AMAN Indonesia telah bekerja di 19 provinsi bersama 42 komunitas lokal, lebih dari 174 mitra nasional dan lokal, dan berjejaring dengan 17 mitra internasional.

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang juga bertepatan dengan perayaan 16 Tahun AMAN Indonesia, kegiatan nonton bareng video talkshow 10 cerita juga diselenggarakan di 11 daerah di 5 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Sulawesi Tengah. Acara ini menghadirkan aparat desa setempat untuk mendorong rekognisi terhadap peran perempuan dalam membangun resiliensi di masyarakat.

Melalui kegiatan nonton bareng tersebut, Wiwik berharap agar AMAN Indonesia dapat memberikan dampak yang lebih besar dengan menyebarluaskan praktik baik yang dilakukan perempuan akar rumput. ”Selain itu, AMAN Indonesia juga berharap dapat terus bermanfaat dan membimbing perempuan di akar rumput untuk membangun perdamaian,” ungkapnya.

Diakui olehnya, Acara nonton bareng video talkshow She Builds Peace di Desa Pengkok telah membawa pesan penting tentang peran perempuan dalam pembangunan dan perdamaian. ”Semoga acara seperti ini dapat terus dilakukan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya keterlibatan perempuan dalam masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.