SPPK Gelar Nobar untuk Peringati IWD dan Ultah AMAN Indonesia

The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia telah bertransformasi sebagai gerakan Islam progresif yang ramah pada perempuan dan pembelaan pada minoritas, merayakan ulang tahun ke-16 dan memperingati Hari Perempuan Internasional dengan mengadakan kegiatan ”Nonton Bareng” video Talkshow 10 cerita di 11 daerah di 5 Provinsi. Salah satu agenda yang telah dilakukan di Kecamatan Puger, Rabu (15 Maret 2023). Kegiatan ini dihadiri oleh 40 peserta, termasuk aparat desa setempat, untuk mendorong rekognisi terhadap peran perempuan dalam membangun resiliensi di masyarakat.

Menurut Ketua Sekolah Perempuan Puger Kreatir, Noor Nabaiyah, kehadiran AMAN Indonesia menjadi motivasi tersendiri bagi komunitas perempuan yang tidak didukung oleh desa. Meskipun tidak mendapat restu, mereka akan tetap melaksanakan kegiatan selanjutnya. Meskipun hasil saat ini belum maksimal, proses perjalanan panjang yang dilalui sudah menghasilkan semangat yang membanggakan.

Dalam acara tersebut, para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize peralatan dapur, membuat mereka merasa terharu dan bangga. ”Harapannya, AMAN Indonesia dapat semakin mendunia dan memberikan dampak yang lebih besar dengan menyebarluaskan praktik baik yang dilakukan perempuan akar rumput ke ruang-ruang digital,” ucapnya.

Kasi Kesra Desa Puger Kulon, Sugianto, berharap bahwa motivasi yang dirasakan oleh peserta dalam kegiatan ini. ”Organisasi Perempuan di Kecamatan Puger harus dilegalkan dengan payung hukum yang jelas di setiap desa,” katanya.

Hal ini dilakukan, lanjutnya, agar setiap organisasi perempuan bisa mendapatkan anggaran atau support dari desa. ”Dengan cara seperti itu, peran perempuan dalam membangun resiliensi di masyarakat dapat semakin diakui dan didukung oleh pemerintah desa,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.