Rapat Pokja Temastis, Ungkap Capaian Masyarakat Sipil

Jakarta –  Sekretariat Bersama (sekber) menyelenggarakan Rapat Pokja Tematis, yang terdiri dari perwakilan masyarakat sipil. Ada 27 lembaga yang hadir dalam pertemuan review capaian RAN PE dari perspektif civil societies. Didukung oleh BNPT dan UNDP, rapat kali ini memberikan penekanan pada capaian Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam satu tahun terakhir dalam menjalankan agenda RAN PE. Hal itu diungkap oleh Direktur The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia, Ruby Kholifah.

”Dari semua kompilasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Pokja Tematis, saat ini baru ada 17 lembaga yang melaporkan capaian kerja 2022, dengan 69 kegiatan yang mengcover 11 provinsi dan 53 kabupaten dan kota,” ungkapnya usai rapat, Jumat (16 Desember 2022).

Diungkap olehnya, bahwa kontribusi terbesar dari Pokja Tematis adalah pada pilar satu. Pilar tersebut mencakup pada pencegahan yaitu kesiapsiagaan, deradikalisasi/reintegrasi dan kontra radikalisme. Sedangkan pada pilar dua, banyak mengcover pekerjaan penguatan survivor terorisme dan lembaganya. Serta menciptakan sejumlah mekanisme penanganan pasca terorisme yang lebih berkelanjutan.

”Jika pada pilar tiga, menunjukkan keaktifan pada OMS menjalin kerjasama di berbagai Kementerian dan Lembaga sebagai upaya mendorongkan outcome yang maksimal,” tegasnya.

Diungkap olehnya, follow up dari agenda saat ini adalah penyiapan matrix capaian dan cerita perubahan dalam kurun waktu 1 tahun di minimal tujuh bidang yaitu Kesiapsiagaan nasional, PUG, Perlindungan Saksi dan Pemenuhan Hak Korban, Keterlibatan Anak Muda, Komunikasi Strategis, Rehabilitasi dan Reintegrasi, dan Hukum dan HAM.

”Terima kasih pada seluruh pimpinan lembaga yang telah meluangkan waktunya untuk selalu berkordinasi,” ucapanya.

Sejak disahkannya Pokja Tematis oleh Surat Keterangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Nomor 299 tahun 2022 tentang Kelompok Kerja Tematis Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan Mengarah pada Terorisme.  Pokja tematis sudah mengadakan rapat kordinasi dua kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.