Multistakeholder Forum Universal Periodic Review

Imparsial menggelar Multistakeholder Forum Universal Periodic Review (UPR) dalam rangka persiapan untuk siklus ke-4, Senin (18 Juli 2022) di Jakarta. Kegiatan ini untuk memperkuat peran multistakeholder terkait pemenuhan hak-hak asasi manusia di Indonesia.

Dwi Rubiyanti Kholifah, dari AMAN Indonesia menjadi salah satu perwakilan dari organisasi masyarakat sipil yang menjadi pembicara dalam forum ini. Selain AMAN Indonesia, pembicara lainnya ada dari KOMNAS HAM, KOMNAS Perempuan, dan juga menghadirkan perwakilan pemerintah dari KEMENKUMHAM.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah perwakilan baik dari lembaga pemerintahan maupun organisasi masyarakat sipil, dan juga awak media.

Universal Periodic Review (UPR) Dewan HAM PBB sendiri adalah mekanisme periodik silang review berbagai negara di dunia atas kondisi HAM sebuah negara yang dilakukan secara bergantian. Satu negara secara periodik akan dapat giliran untuk dilihat kembali setiap 5 tahun sekali. UPR Siklus ke-4 rencananya akan berlangung pada bulan November 2022 nanti di Jenewa, Swiss. (HN)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.