Ramadhan Peace Goes to Campus 2017

Melihat situasi kebangsaan dengan segala tantangan keberagamanya, dan indikasi dari kelompok-kelompok radikal dan ekstrimis yang masih memperdebatkan pancasila karena dianggap tidak berhasil. Serta ancaman dari kelompok radikal ekstrimis yang saat ini sudah melakukan aksi baik secara fisik–melakukan kekerasan (Bom bunuh diri)—maupun melakukan ujar kebencian yang membabi buta dan akan merusak generasi mendatang.  Untuk itu AMAN Indonesia mengajak semua pihak terutama anak-anak muda di kampus untuk menyuarakan dengan lantang bahwa keberagaman di Indonesia adalah keniscayaan dan pancasila merupakan idiologi yang sudah tidak bisa ditawar lagi karena sudah terbukti dapat menjadi landasan dalam bernegara dan bermasyarakat. Kita tahu bahwa Indonesia dibangun atas keberagaman bukan dari satu kelompok saja.

Dalam road show ini AMAN Indonesia mengambil tema Meneguhkan Kebangsaan yang Beragam; Pancasila adalah kita. Tema ini akan menjadi diskusi menarik dikalangan anak muda untuk memperdalam esensi Pancasila dan bagaimana membumikan pancasila dalam prilaku setiap hari. Saat ini masih banyak persoalan kebangsaan termasuk kelompok minoritas agama yang masih belum aman dan nyaman dalam beribadah, masih ada yang mengungsi di negeri sendiri, dan banyak lagi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Road show Ramadhan Peace Goes to Campus akan diadakan di Yogyakarta, Bandung, Bogor Jember, Jakarta, Wonosobo, dan Tasikmalaya. [mh]

 

Artikel Terkait:

Tinggalkan komentar