Perayaan 15 Tahun AMAN Indonesia

Maret adalah bulan bagi gerakan perempuan dan juga sebagai bulan dimana Asian Muslim Action Network (AMAN) pada tahun 2007 ditetapkan di Indonesia sebagai sebuah organisasi yang focus pada penguatan perempuan dan pembangunan perdamaian. Dalam perjalanannya mengalami berbagai transformasi dan pada tahun 2017 menetapkan diri sebagai sebagai sebuah gerakan Islam progresif yang ramah pada perempuan, pembelaan pada minoritas dan menjadi rumah perjumpaan bagi berbagai suara-suara progresif.

Salah satu gerakan yang saat ini dilakukan adalah memobilisasi dukungan untuk pengesahan RUU TPKS (Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual)bersama dengan jaringan perempuan di Indonesia. Urgensi RUU ini penting dan memiliki korelasi kuat dalam pembangunan perdamaian. Dalam situasi konflik, kekerasan berbasis gender telah jamak diketahui sebagai strategi penaklukan lawan. Situasi ini yang menempatkan perempuan terdampak berlipat-lipat daripada laki-laki. Karenanya mendorong pengesahan RUU TPKS adalah bagian penting dari upaya pembangunan perdamaian.

Dalam mobilisasi dukungan, banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat sipil. AMAN Indonesia memilih menggunakan komedi sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas agar turut mendukung gerakan ini. Melalui komedi diharapkan semua unsur masyarakat mengambil bagian dalam upaya pengesahan RUU ini.

Untuk itu, perayaan ulang tahun AMAN Indonesia yang ke-15 ini akan mengambil tema “Peace Comedy: Sahkan RUU TPKS!”. Selain sebagai media kampanye untuk advokasi RUU TPKS, perayaan ini sebagai rangkaian berbagai kegiatan; yakni launching Annual Report 2021 dan Buku Lesson Learned AMAN Indonesia sebagai gerakan. Perayaan ini dharapkan mampu menarik berbagai pihak dari latar belakang yang berbeda untuk terlibat dalam advokasi.

 

Acara berlangsung pada 15 Maret 2022, pukul 09.00 – 12.00 WIB melalui platform Zoom Meeting

Meeting ID: 817 5207 9471 Passcode: 15TAHUN

 

 

Kami mengajak teman-teman jaringan AMAN Indonesia untuk berbagi kebahagian di hari Ulang Tahun AMAN Indonesia ini dalam bentuk video dan ucapan.  Tim kami akan memproduksinya ke dalam rangkaian agenda dan postingan yang akan kami share mulai H-6 acara.

Video maksimal 50 detik, landscape/horizontal, sebutkan nama dan asal lembaga/organisasi, boleh dalam bentuk pantun, puisi, dan lain-lain. Untuk ucapan teks 1 paragraf pendek maksimal 300 karakter/ 40 kata.

Untuk memeriahkan dan berbagi kebahagian yang lebih luas serta kampanye “Stop Kekerasan Seksual” dan “Sahkan RUU TPKS!” Teman-teman dapat menggunakan Twibbon yang telah kami persiapkan.

 

 

 

 

 

 

 

Link Twibbon Kilk

 

Contoh Twibbon. Kamu bisa bagian isi televisi dengan foto kamu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.