Terjawabnya Pertanyaan Seputar Perbedaan Beragama Selama Ini

Cerita Perubahan Inspiratif Kegiatan Peace Service Aurora Nafisa Wanda

Terjawabnya Pertanyaan Seputar Perbedaan Beragama Selama Ini

Cerita perubahan dari kegiatan Peace Service pada Kelas Keberagaman selanjutnya datang dari Aurora Nafisa Wanda. Saat mengikuti kegiatan Peace pada tahun 2020 lalu ia masih berstatus pelajar di SMAN 5 Malang. Kini dirinya sendiri sudah berstatus mahasiswa semester pertama di Universitas Andalas, Sumatra Barat. Aurora mengetahui adanya kegiatan Peace Service dari temannya yang mendapatkan info kegiatan tersebut dari pelatih teater di sekolahnya.

Ia awalnya merasa penasaran dengan acara tersebut dikarenakan sebelumnya belum pernah datang dan berkunjung ke beberapa tempat atau rumah ibadah dari agama ataupun kepercayaan lain. Hal tersebut membuatnya sangat bersemangat dan penasaran untuk mengikuti rangkaian kegiatan tersebut terutama dikarenakan banyak juga dari teman-temannya yang mengikuti kegiatan tersebut. Ketika memasuki tempat atau rumah ibadah khususnya kelenteng kala itu Aurora sendiri merasakan sedikit ketakutan, namun setelah masuk ke dalam sana hal tersebut justru tergantikan dengan rasa takjub akan dekorasi rumah ibadah yang indah dihiasi oleh lilin-lilin yang besar. 

Selama mengikuti kegiatan, banyak sekali nilai-nilai positif yang Aurora rasakan diantaranya ia menjadi lebih mengerti dan memiliki gambaran sedikit mengenai agama dan kepercayaan lain. Hal tersebut juga membuatnya sadar bahwasanya apa yang mereka ajarkan adalah kebaikan, lebih menghargai perbedaan serta menghormati agama dan kepercayaan lain. Adapun perubahan positif yang ia rasakan setelah mengikuti kegiatan tersebut diantaranya ialah meningkatkannya rasa toleransi serta lebih menghargai agama dan kepercayaan lain terutama yang ada di Indonesia.

Menurutnya semua agama ataupun kepercayaan memiliki caranya sendiri untuk menjalani ibadah mereka dan itu perlu untuk kita hargai. Perubahan yang ia rasakan selanjutnya ialah memiliki pengetahuan lebih terkait banyak hal mengenai agama ataupun kepercayaan yang berbeda dengan yang ia anut. Sebelumnya ia banyak bertanya-tanya terkait ritual agama lain dan hal tersebut baru terjawab ketika ia mengikuti kegiatan ini.

Dengan adanya pengetahuan tersebut ia sekarang lebih menghargai perbedaan-perbedaan yang ada dan berusaha untuk belajar lebih banyak lagi agar nantinya tidak ada prasangka buruk yang muncul terhadap mereka yang memiliki agama dan kepercayaan yang berbeda darinya. Setelah mengikuti acara tersebut, Aurora merasa senang dikarenakan rasa penasarannya dapat terobati, ia juga mendapatkan pengetahuan baru seputar agama dan kepercayaan lain terutama dari sesi tanya jawab ataupun diskusi dengan tokoh agama ataupun kepercayaan berlangsung.

“Sekarang saya lebih hati-hati kalau ngomong, ngomong ke orang lain. Kalau mau tahu tentang agamanya mereka. Mending cari tahu sendiri takut menyakitin perasaan orang lain. Lebih menghargai. Sebelumnya saya sudah menghargai, Cuma belum tahu apa yang harus dihargai. Setelah ikut baru tahu menghargai yang seperti apa”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.